ISC Sebagai Ajang Persiapan Untuk AFC Cup 2017

Desaintasik– Setelah pencabutan sanksi FIFA beberapa bulan lalu untuk Indonesia, kini Indonesia bisa berpartisipasi di ajang Internasional yang salah satunya Piala AFC atau Liga Champion Asia.
Seperti diketahui untuk pertandingan antar klub se-Asia, AFC memberikan jatah kepada Indonesia dua klub sebagai wakil dalam partisipasi keanggotaan AFC, dua klub tersebut adalah yang menjadi juara dan runer up liga, namun untuk Indonesia pada tahun ini tidak ada liga karena sanksi FIFA dan sebagai gantinya adalah turnamen berkelas tinggi dari mulai Piala Presiden sampai Torabika Soccer Championship (TSC) yang sifatnya tidak resmi diakui FIFA.
Untuk Piala AFC tahun 2017 kemungkinan Indonesia akan mengirimkan Persib Bandung dan Persipura, itu diambil dari kompetisi liga tahun 2014 yang mana Persib adalah Juara ISL dan Persipura runer up-nya, ISL 2014 diambil acuan karena kompetisi resmi Indonesia terakhir sebelum disanksi FIFA.
Seperti dikatakan salah satu pemain Persib Bandung, Tony Sucipto yang memandang peluang Persib kembali ke AFC Cup dan akan menjadikannya sebagai ajang menunjukan kualitas sepak bola Indonesia di Asia, seperti laman simamaung.
“Pastinya kalau setiap tim Indonesia ingin timnya ini mewakili Indonesia di AFC. Sesungguhnya tujuan dari sebuah kompetisi liga domestik itu kita memenangkan pertandingan biar kita bisa mewakili Indonesia di kancah International,” beber Tony.
Meskipun demikian, dikatakan Tony bahwa ajang ISC ini harus dimanfaatkan Persib untuk mengkoreksi segalanya. Apalagi Maung Bandung sudah hampir kehilangan titel juara di ISC 2016. Melihat ketertinggalan poin mereka yang sekarang berada di posisi 10 berbeda 15 angka dari Madura United di pucuk klasemen.
“Pastinya ada semacam koreksi khusus atau di ISC ini ada pembelajaran untuk menghadapi kompetisi di musim depan dan AFC sendri,” imbuhnya.
Ia melanjutkan, tak terbayang jika Persib tidak melakukan koreksi dan belajar dari ajang ISC ini. Bukan tak mungkin Maung Bandung bakal lemas menghadapi tim-tim terkuat di negara-negara Asia.
“Di AFC kita akan kerja keras dengann ketemu tim dengan levelnya profesional dan lagi yang emang dia sering berkancah d international makanya kita harus benar-benar jadikan pembelajaran di ISC ini,” kata Tony
Andai Persib ke AFC Cup 2017, maka mereka datang tidak seperti musim lalu dengan tim solid dan modal juara Indonesia Super League (ISL) 2014. Diprediksi Maung Bandung datang dengan komposisi pemain anyar melihat prestasi tim biru yang tak memuaskan di ISC 2016.
 

Leave a Reply

%d bloggers like this: