Desain Poster Penyakit Jantung Koroner HD Quality

Desaintasik.com | Contoh Desain Poster Jantung – Pada artikel ini saya tidak hanya melampirkan contoh desain poster, tapi juga berbagi informasi tentang penyakit jantung yang mungkin temen-temen membutuhkannya.

Contoh Desain Poster Jantung

contoh-desain-poster-penyakit-jantung-koroner
contoh desain poster-penyakit jantung koroner

Informasi Tentang Jantung

Hanya sekedar informasi yang saya dapatkan dari berbagai media salah satunya halosehat.com tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

Ilsutrasi sakit jantung
Ilsutrasi sakit jantung

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung

  • Usia. Penuaan meningkatkan risiko arteri yang rusak ataupun menyempit, serta otot jantung yang melemah atau menebal.
  • Seks. Pria berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Namun, risiko wanita terkena penyakit ini juga cenderung akan meningkat setelah menopause.
  • Riwayat keluarga. Jika ayah ataupun ibu Anda terkena penyakit ini, risiko Anda untuk terkena penyakit yang sama juga akan meningkat. Terutama jika orang tua Anda terkena penyakit ini pada usia dini (sebelum usia 55 tahun).
  • Merokok. Nikotin dan karbon monoksida yang terkandung pada rokok merupakan musuh pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. (Artikel terkait : Gambar Dilarang merokok vector)
  • Obat kemoterapi dan terapi radiasi tertentu. Beberapa obat kemoterapi dan terapi radiasi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.
  • Diet yang buruk. Diet yang tinggi lemak, gram, gula, dan kolesterol akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini di kemudian hari.
  • Tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan pengerasan ataupun penebalan arteri serta menyempitkan pembuluh darah Anda.
  • Kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tinggi dalam darah Anda dapat meningkatkan risiko pembentukan plak dan atherosclerosis.
  • Obesitas. Kegemukan merupakan penyebab berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular.
  • Diabetes. Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sama halnya dengan penyakit hipertensi dan obesitas.
  • Malas olahraga. Minimnya aktivitas fisik juga dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit kardiosvakular dan beberapa faktor risiko lainnya juga.
  • Stres. Stres yang tidak terkontrol dapat merusak arteri Anda sehingga meningkatkan Anda terkena penyakit ini.
  • Tidak menjaga kebersihan. Melupakan kebiasaan cuci tangan dan tidak menjaga kebersihan secara keseluruhan meningkatkan infeksi virus dan bakteri yang dapat mempengaruhi jantung.

Pengobatan

Masih diktutip dari laman halosehat.com, selain faktor penyebab ada juga pengobatannya, dan Perawatan penyakit jantung tergantung pada kondisinya, namun termasuk di dalamnya perubahan gaya hidup serta mengonsumsi obat penyakit jantung. 

Artikel terkait : Desain Poster PHBS

  1. Rajin olahraga
    Olahraga dapat meningkatkan kebugaran jantung, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, hingga menjaga berat badan tetap sehat. Itu sebabnya, usahakan untuk berolahraga setidaknya 30-45 menit sehari.
  2. Perhatikan asupan makanan
    Hindari atau batasi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol darah Anda, seperti daging berlemak, sosis dan daging burger, mentega, krim, hingga kue, biskuit, cokelat, dan permen. Perbanyak makan makanan berserat dari buah, sayur, gandum, serta kacang-kacangan. (Lihat : Desain Poster Tips 5 Penyiapan Makanan yang baik)
  3. Hindari stres
    Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Anda harus pintar-pintar mengelola emosi. Jika stress Anda sudah dirasa berlebihan, segeralah berkonsiltasi pada ahlinya atau dokter
  4. Berhenti merokok
    Jika Anda seorang perokok, Anda harus mulai berusaha untuk berhenti merokok. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah.
  5. Rutin cek tensi dan kolesterol
    Rutin mengecek tekanan darah dan kolesterol setiap hari dapat mencegah penyakit kardiovaskular.
  6. Batasi alkohol
    Hindari mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Bagi wanita, batasi asupan alkohol Anda tidak lebih dari satu gelas dalam sehari. Sementara bagi pria, batasi asupan alkohol Anda tidak lebih dari dua gelas sehari.
  7. Minum obat penyakit jantung secara teratur
    Terkadang, perubahan gaya hidup saja tidak cukup mencegah penyakit ini. Anda mungkin harus minum obat penyakit jantung yang meliputi obat penurun tekanan darah atau kolesterol untuk mengurangi risiko serangan jantung

Demikian artikel desain poster dan informasi mengenai jantung semoga bermanfaat, dan jika temen-temen butuh informasi yang lengkap silahkan kunjungi halosehat.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: