Mengenal Lebih Banyak Tentang Desain Grafis

desain grafis perempuan
proses desain grafis

Desain Grafis banyak terdapat di spanduk iklan, logo suatu perusahaan, dan juga untuk berbagai macam percetakan. Karena pada dasarnya, berfungsi sebagai media komunikasi yang dituangkan dalam bentuk gambar. Sehingga banyak orang yang mengerti akan makna dari gambar tersebut.

Memadukan unsur seni dan kata-kata menjadikan unsur yang harus terdapat pada desain grafis. Dengan demikian, desain tersebut dapat dipahami oleh banyak orang, mengenai maksud dan tujuannya.

Lantas, Apa bedanya desain grafis dengan desain pada umumnya yang juga seringkali digunakan untuk rumah dan ruangan? Oleh sebab itu, simak penjelasan selanjutnya agar mudah dipahami, mengenai makna desain tersebut.

Apa Itu Desain Grafis?

Desain grafis adalah salah satu bentuk komunikasi, yang dituangkan dalam bentuk gambar, kata-kata, dan kombinasi warna. Sehingga maksud dan tujuan pembuatannya dapat dengan mudah untuk dimengerti oleh banyak orang.

Desain grafis tersebut seringkali terdapat pada spanduk, banner, kartu nama, undangan, yang mengharuskan untuk memadukan kombinasi warna dan gambar sehingga menghasilkan desain yang bernilai seni tinggi, tanpa mengesampingkan nilai fungsionalnya.

Dengan menggabungkan unsur tersebut membuat desain yang diciptakan lebih mudah dipahami oleh banyak orang. Dengan kata lain, salah satu bentuk komunikasi visual, serta  desain komunikasi dalam bentuk gambar dan kata-kata.

Lihat Juga : Contoh Desain Spanduk Minuman Es Bubble

Unsur-unsur yang Harus Ada Pada Desain Grafis

white paper
Photo by Miguel Á. Padriñán on Pexels.com

Untuk membuat desain grafis yang menarik, harus mengandung beberapa unsur yang dapat membuatnya memiliki keseimbangan seni dan komunikasi, yang mengangkat desain komunikasi dalam bentuk visual. Berikut ini adalah beberapa unsur-unsur yang harus terdapat di dalamnya:

  1. Bentuk

Unsur yang pertama harus ada pada desain grafis adalah bentuk. Pemilihan bentuk tersebut bisa bermacam-macam tergantung pada keinginan. Namun, pastikan bentuk yang digunakan tersebut harus menarik dan sesuai dengan peruntukannya. Memilih bentuk tersebut, hal yang pertama kali dilakukan dalam membentuk desain.

  1. Tekstur

Setelah mengandung unsur bentuk, desain grafis yang menarik juga harus mempertimbangkan teksturnya. Tekstur adalah segala sesuatu yang bisa dirasakan, entah itu halus maupun kasar. Pastikan tekstur tersebut terdapat pada unsur yang terdapat di dalamnya, dan disesuaikan dengan peruntukannya.

  1. Ruang /Jarak

Pada sebuah desain grafis yang menarik, harus mengandung unsur ruang atau jarak. Dengan demikian, desain tersebut terlihat menarik untuk dilihat. Tidak tumpang tindih, karena tidak ada jarak yang terdapat di dalamnya. Jarak dapat membuat elemen yang terdapat di dalamnya, terlihat lebih harmonis.

  1. Ukuran

Desain grafis pun harus memiliki ukuran yang sesuai dengan peruntukannya. Tidak terlalu besar, atau kecil, juga tidak terlalu panjang atau pendek. Ukuran tersebut tidak boleh menutupi maksud yang akan disampaikan dalam desain tersebut. Pastikan juga, ukuran yang digunakan mudah untuk dipahami dan dilihat oleh banyak orang.

  1. Warna

Unsur yang tidak kalah pentingnya, dalam sebuah desain grafis adalah warna. Membubuhkan warna harus selaras dengan aturan seni agar dapat menghasilkan kombinasi warna yang menarik. Di satu sisi, pewarnaan tersebut dapat menarik perhatian banyak orang. Khususnya jika digunakan pada spanduk untuk iklan.

Artikel lainnya : Contoh Desain Menu Makanan

Itulah unsur-unsur yang harus terdapat di dalam desain grafis. Dengan demikian, akan menghasilkan desain yang harmonis dan sesuai dengan peruntukannya. Pastinya akan menciptakan nilai seni yang tinggi, tanpa mengesampingkan nilai fungsionalnya.

Membuat desain grafis yang menarik, tidak terlepas dari penggabungan unsur-unsur yang harus ada di dalamnya. Dengan demikian, desain tersebut akan menghasilkan keindahan dan juga nilai fungsional dalam bentuk komunikasi visual yang mudah dipahami.

Laporkan link yang blank disini..

You May Also Like
Read More

Logo Best Seller PNG

Lambang Best Seller PNG Logo Bestseller adalah sebuah label yang diterpkan pada suatu produk yang laku keras atau…