Desain, Ilustrasi, Sketsa Payung Geulis Tasik Vector

Desaintasik.com |Desain, Ilustrasi, Sketsa Payung Geulis Tasik Vector – Payung geulis merupakan ciri khas kota/kabupaten Tasikmalaya yang menjadi andalan komoditas daerah, pemasarannya tidak hanya lokal, nasional tapi sudah ke mancanegara.

Sketsa Payung Geulis Tasik

Gambar Payung Geulis
Gambar Payung Geulis

Sekilas tentang Payung Geulis

Payung Geulis merupakan ikon dari Kota Tasikmalaya yang menjadi warisan budaya serta harus dijaga keberadaanya. Pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1926 dipakai oleh none–none Belanda.

Payung geulis yang terbuat dari bahan kertas dan kain mengalami masa kejayaan pada era 1955 sampai 1968. Namun masa kejayaan itu berangsur-angsur surut setelah pemerintah pada tahun 1968 menganut politik ekonomi terbuka. Sehingga payung buatan pabrikan dari luar negeri masuk ke Indonesia.

Hal ini berdampak pada hancurnya usaha kerajinan payung geulis di Tasikmalaya. Usaha kerajinan ini mulai bersinar kembali sejak tahun 1980-an. Para perajin mulai membuka kembali usaha pembuatan payung walau dalam jumlah kecil. (dikutip dari berbagai sumber)

Postingan terkait : Tempat Wisata di Kota Tasikmalaya Terbaru

Adapun Struktur Payung Geulis Dikutip dari laman Rizki Abdillah (salahs satu pengrajin payung geulis),Payung geulis rangkanya terbuat dari bambu. Setelah dirangkai dan dipasangi kain dan kertas, ujung payung dirapikan dengan menggunakan kanji.

Agar menarik, rangka bagian dalam diberi benang warna–warni. Proses pembuatan payung ini bergantung pada sinar matahari, karena setelah diberi kanji, payung dijemur hingga keras. Payung kemudian diberi warna, serta dilukis dengan corak bunga. Semua proses pembuatan payung geulis dibuat secara manual dengan buatan tangan /handmade kecuali gagang payung dibuat dengan menggunakan mesin.

Demikian desain payung geulis tasik semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang belajar desain khususnya.

2 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: