Tips Jitu Untuk Memulai Bisnis Percetakan

tips bisnis percetakan_desaintasik

Ingin Memulai Bisnis Percetakan? Pelajari dulu Penjelasan dan Tips Berikut ini

desaintasik.com – Berbicara dunia bisnis, seakan tiada habisnya. Terlebih untuk mencari bisnis yang dapat bertahan di era ekonomi saat ini. Bisnis Percetakan  mulai dilirik banyak orang untuk mengembangkan bisnis di tengah kelesuan bisnis saat ini. Tidak bisa dipungkiri, para pelaku bisnis pun harus pandai mencari peluang bisnis di tengah ekonomi yang sulit seperti saat ini.

Banyak pelaku bisnis, yang melihat potensi keuntungan dari bisnis percetakan tersebut. Itulah sebabnya, banyak diantara mereka yang mulai meninggalkan profesi bisnis lamanya, dan berpindah ke bisnis ini. Pasalnya, bukan faktor keuntungan saja yang dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis tersebut. Faktor lainnya, seperti mampu bertahan di semua kondisi ekonomi menjadi pertimbangan lainnya.

Apa Itu Bisnis Percetakan ?

desain dan percetakan
source :e-arc.com

Bisnis Percetakan merupakan aktivitas bisnis untuk menghasilkan cetakan yang dibutuhkan oleh konsumen. Dalam aktivitas tersebut, konsumen mendatangi perusahaan percetakan untuk dibuatkan cetakan seperti kalender, maupun kartu undangan, dengan membayar sejumlah uang. Perusahaan percetakan pun akan membuat cetakan sesuai pesanan konsumen, berdasarkan lama waktu sesuai dengan kesepakatan.

Pemberlakuan harga pun akan disesuaikan dengan faktor-faktor penggunaan kertas, jenis tinta yang digunakan, serta jumlah cetakan. Tentunya hal tersebut diberitahukan pada konsumen di awal melakukan transaksi. Dengan demikian, konsumen pun akan membayar sejumlah uang, berdasarkan kesepakatan tersebut.

Konsumen akan memilih desain yang sesuai dengan seleranya. Oleh sebab itu, untuk mendukung hal tersebut, perusahaan percetakan harus memiliki beberapa peralatan yang mendukung , agar desain yang dihasilkan lebih rapi dan canggih. Penyediaan peralatan percetakan tersebut merupakan modal dibentuknya bisnis ini.  

Artikel lainnya : Contoh Desain Stiker Cup Minuman

Besaran Modal dan Peralatan yang Digunakan

mesin percetakan offset speed master
sumber : colorprintingforum.com

Dalam membangun usaha percetakan tersebut, dibutuhkan modal dan peralatan yang mendukung. Dengan demikian hasil cetakan tersebut akan lebih bagus, dan disenangi oleh konsumen. Oleh sebab itu, pentingnya untuk menyediakan peralatan canggih. Terlebih pada saat ini, desain pembuatan percetakan tersebut, menggunakan konsep komputerisasi. Maka keberadaan komputer tersebut, sangatlah penting.

Adapun mengenai nilai nominal modal yang digunakan, untuk bisnis percetakan, untuk skala kecil, membutuhkan modal sekitar RP200 juta, dan untuk skala menengah membutuhkan modal sebesar Rp500 juta. Modal tersebut tidak termasuk gedung, dan peralatan kantor yang digunakan. Penggunaan modal tersebut dikhususkan untuk pembelian bahan baku.

Memulai bisnis percetakan di era ini, membutuhkan peralatan penunjang desain percetakan, seperti komputer dan mesin foto copy warna. Fungsi kedua alat tersebutdapat menunjang hasil percetakan yang lebih rapi dengan desain modern. Tentunya konsumen pun akan menyukainya. Jika konsumen telah menyukainya, maka keuntungan pun akan mudah didapatkan.

Artikel terkait : Download Desain Buku Yasin CDR

Tips Membangun Bisnis Percetakan

bahan kertas percetakan

Untuk membangun bisnis ini, tidak hanya fokus pada keuntungan semata, tetapi juga harus mengetahui cara bertahan dan mengembangkan bisnis tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips bagi pengusaha percetakan. Berikut ini beberapa tipsnya

  1. Menyediakan Bahan Baku dengan Kwalitas Terbaik.

Tips yang pertama untuk memulai  bisnis percetakan ini, pengusaha harus mampu untuk menyediakan bahan baku dengan kwalitas terbaik. Misalnya, jenis kertas yang digunakan, kualitas tinta, serta desain yang unik.

Baca Juga : Download Desain Undangan Pernikahan

2. Menyediakan Peralatan dengan Teknologi yang Canggih

Bisnis percetakan akan memiliki banyak pesaing. Oleh sebab itu, harus mampu menjadi pembeda dengan perusahaan percetakan lainnya, untuk menghasilkan cetakan yang lebih berkualitas, dan desain yang menarik.

3. Hasil Pekerjaan Sesuai dengan Selera Konsumen

Setiap konsumen tentunya memiliki selera yang berbeda-beda dalam memilih desain. Sebagai  pengusaha bisnis percetakan  harus dapat memahami selera konsumen dan membuat desain akhir terbaik.

4. Tepat Waktu

Tips yang tidak kalah pentingnya dalam menjalankan bisnis percetakan ini, harus menyelesaikan pesanan konsumen dengan tepat waktu. Waktu sangatlah penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Bentuk pelayanan tersebut, dengan menyelesaikan pesanan konsumen secara tepat waktu.

5. Menetapkan Harga sesuai dengan Kualitas

Walaupun bisnis ini berorientasi pada keuntungan, namun hendaklah untuk menetapkan harga yang sesuai dengan hasil kualitas. Harga percetakan dapat disesuaikan dengan kualitas.

Artikel terkait : Cara membuat QR Peta Lokasi Undangan

Memilih bisnis percetakan , di tengah situasi ekonomi seperti saat ini merupakan pilihan bisnis yang tepat. Pasalnya bisnis ini tidak hanya dapat dengan mudah untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi bisnis ini pun sangat cocok dijalankan di tengah bisnis di era pandemi , yang banyak orang justru gulung tikar karena situasi tersebut. Bisnis ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang tidak lekang oleh waktu.

Laporkan link yang blank disini..

You May Also Like
Read More

Taman Raflesia (Welcome to Ciamis)

Poster Welcome to Ciamis City Foto Taman Raflesia Ciamis Vektor Taman Raflesia Informasi tentang Taman Raflesia Alun-alun Ciamis…